Prinsip Kerja Arrester

Prinsip kerja arrester

Ilustrasi - Prinsip Kerja Arrester

Telah banyak dimanfaatkan sebagai pengaman dalam sistem kelistrikan. Arrester adalah sebuah alat yang berfungsi menstabilkan tegangan arus listrik saat terjadi lonjakan sehingga mampu melindungi berbagai peralatan elektronik dari kerusakan akibat lonjakan tengangan (surge atau tegangan kejut). Tegangan surge adalah lonjakan tegangan yang tiba-tiba dan sangat besar, sehingga dapat merusak peralatan listrik jika melebihi toleransi alat. Tegangan surge ini dapat terjadi akibat adanya putus sambung dari sebuah tenaga listrik yang mempunyai daya yang besar dan akibat dari adanya sambaran petir. Kerusakan ini dapat dicegah dengan sebuah prinsip kerja arrester.

  • Cara kerja arrester

Cara kerja arrester yang dipasang pada gardu induk dalam sebuah sistem kelistrikan misalnya transformator listrik dengan cara kerja lightning arrester adalah sama, dimana prinsip kerja arrester akan membuang kelebihan tegangan listrik ke pembumian. Dalam keadaan normal, arrester akan berfungsi sebagai isolator listrik. Prinsip kerja arrester katup atau cara kerja lightning arrester dapat dijelaskan secara sederhana demikian. Pada saat petir menyambar jaringan listrik, tegangan listrik akan melonjak besar.Hal ini membuat dua logam pada arrester akan bekerja saling terhubung dan menyalurkan arus listrik (sebagai konduktor). Namun fungsi konduktor ini tidak akan mengenai sistem kelistrikan yang ada karena salah satu kutub itu akan meneruskan ke tempat pembumian. Pembuatan tempat pembumian harus bagus dengan nilai tahanan yang kecil sehingga tidak mengganggu kinerja arrester. Dengan demikian adanya tegangan kejut atau surge tidak akan merusak peralatan listrik, dan dengan tanpa memutuskan arus listrik sedikitpun.

  • Fungsi arrester ada panel

Prinsip kerja surge arrester seperti itu sangat bermanfaat digunakan untuk menjaga kestabilan tegangan listrik pada jaringan listrik PLN yang umumnya berada tinggi di atas tanah seperti sutet maupun transformator listrik. Selain itu pemasangan penangal petir pada gedung, tower maupun pada instansi juga sangat perlu dilengkapi dengan prinsip kerja arrester. Selain itu, secara perorangan, dirumahpun juga banyak yang memasang arrester petir untuk meningkatkan pengamanannya sendiri.

  • Pemilihan Arrester

Untuk menerapkan prinsip kerja arrester ini harus dilihat dahulu kebutuhan pelindungannya, agar dapat memilih yang tepat dari macam-macam arrester yang ada. Untuk kebutuhan perlindungan yang besar seperti penerapan fungsi arrester pada trafo gardu listrik induk, tentu berbeda tipe dengan yang untuk rumahan. Termasuk disini adalah initial voltage lightning arrester, tegangan sistem dan arus hubungan singkat sistem. Sedangkan faktor yang lain adalah faktor kondisi luar dan faktor ekonomi.

Prinsip kerja lightning arrester ini banyak digunakan untuk pasangan peralatan penangkal petir karena dapat menghindari bahaya sambaran petir side flashing atau sambaran petir tidak langsung. Karena, jika hanya menggunakan sistem penangkal petir saja meskipun aman dari sambaran petir kerap kali terjadi kerusakan pada alat-alat elektronik. Untuk menghindari hal inilah maka dengan memanfaatkan prinsip kerja arrester ini dapat dihindari.

 


penangkal petir

Kami perusahaan spesialis kontraktor dan Produsen penangkal petir thomas dan penangkal petir gent yang memberikan bergaransi dan bersertifikasi internasional. Kami memberikan solusi terbaik dalam perlindungan sambaran petir.

berikut solusi yang PT Denata Persada tawarkan kepada para pembaca untuk melindungi property anda :

Untuk informasi lebih jelasnya mengenai Instalasi sistem pada bangunan, silahkan hubungi kami di :

  • PT. Denata Persada || Jl. Salihara No.42B, Pasar Minggu, Jakarta
  • Telp : +622178847212
  • Wa : +6287889294037
  • Email : denatapersada@yahoo.com

sumber artikel : Fungsi dan kerja arrester untuk pengamanan sistem kelistrikan

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Mengenal Surge Arrester - Penangkal Petir Rumah
  2. Surge Arrester adalah - Penangkal Petir Rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*